.

Ini Cara Mandikan Bayi Baru Lahir Kurang Dari Satu Minggu

Ini Cara Mandikan Bayi Baru Lahir Kurang Dari Satu Minggu





















Ini Cara Mandikan Bayi Baru Lahir Kurang Dari Satu Minggu-bagi ibu muda yang baru saja melahirkan memandikan bayi baru lahir seringkali menjadi kendala bagi para ibu yang baru sajaa melahirkan, terkadang juga membuat banyak orangtua si ibu cemas melihat anaknya memandikan si cucu yang usianya belum genap satu minggu. 

Pada minggu-minggu pertama disaat tali pusatnya belum copot atau kalau orang jawa bilang ‘puput’. rasa kekhawatiran tentunya ada apalagi ibu yang masih pemula. jika ingin tau cara yang lebih tepat silahkan anda baca artikel ini hingga selesai.

Banyak dokter yang memberikan saran untuk tidak memandikan bayi di usia tersebut dengan cara diguyur atau merendam tubuhnya di bak mandi. Cukup dimandikan dengan cara diseka dengan waslap.

Jika masih ada keraguan dalam hati, alangkah indahnya anda ikuti saja panduan berikut:

1. Terlebih dahulu siapkan peralatannya yang dibutuhkan seperti: air hangat kuku dalam baskom ukuran secukupnya, shampo dan sabun bayi, waslap, dan handuk bayi.

2. Membuka baju si bayi dengan perlahan, selimutilah dengan handuk dan rebahkan di atas yang tidak tersentuh air.

3. Tutuplah bagian tubuh yang tidak di bersihkan agar ia tak kedinginan.

4. Usaplah kelopak mata si bayi bagian atas dengan perlahan dengan waslap yang sudah direndam air hangat yang diperas.

5. Bersihkan telinga bayi bagian luar dengan cara di usap. Kemudian, bersihkan dengan waslap lipatan-lipatan di leher, tangan dan kakinya.

6. Berikan shampo secukupnya di waslap dan gosok sampai keluar busa, usapkan dengan perlahan pada kepala si kecil. Bersihkan waslap dengan air dan usap lembut hingga bersih dari busa.

7. Sedangkan area kelamin, cara membersihkannya dari arah depan ke belakang. Jika bayi Anda laki-laki dan belum disunat, tak perlu menarik ujungnya, cukup bersihkan bagian luarnya saja. Begitupun dengan penis bayi yang telah disunat. Jangan lupa membersihkan bagian bawah buah zakarnya.

Dilanjutkan dengan memakaikan popok dan baju. Jangan sampai lupa menaruh sedikit lipatan popok di bawah sisa tali pusat bayi. Nah, sekarang si kecil sudah bersih dan wangi kembali! dan dipakaikan bedong biar hangat.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Ini Cara Mandikan Bayi Baru Lahir Kurang Dari Satu Minggu"

Post a Comment