.

Ini Cara Tidur Sehat Berkwalitas Menyehatkan

Ini Cara Tidur Sehat Berkwalitas Menyehatkan
Kawan kami akan mencoba mengulas Ini Cara Tidur Sehat Berkwalitas Menyehatkan. Tidur merupakan kebutuhan pokok bagi setiap makluk hidup terlebih manusia. Dengan tidur, badan kita yang semula dalam kondisi lelah, letih, lesu, kurang bersemangat karena banyak melakukan aktifitas keseharian membuat manusia harus berhenti sejenak untk tidur meski hanya menghilangkan penat.

Manfaat tidur Tidur Sehat Berkwalitas Menyehatkan bagi manusia diantaranya:

1. Meningkatkan daya ingat
Karena saat tidur, tubuh manusia dengan sendirinya dapat mendongkrak kinerja memori otak kita. Sehingga ilmu atau keterampilan yang telah kita pelajari akan kembali terekam dengan sempurna. ( Proses ini disebut konsolidasi ).
2. Peradangan
Kondisi ini terkait dengan penyakit jantung, stroke, diabetes, arthritis, dan penuaan dini. Sebagian penelitian  juga menunjukkan bahwa orang mengalami kekurang tidur dari enam jam setiap malam berisiko mengalami tekanan darah lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang mendapatkan lebih banyak waktu tidur.

3. Meningkatkan kreativitas
Mendapatkan tidur malam / siang yang cukup dapat membuat Anda lebih kreatif. Selain mengkonsolidasi memori dan membuat mereka lebih kuat daya ingat dibandingkan mereka yang kekurangan tidur dari enam jam. Selain itu otak juga memiliki lebih banyak kesempatan untuk menata dan merestrukturisasi setiap ingatan yang melemah. Yang dapat mengakibatkan lebih banyak kreativitas muncul.

4. Meningkatkan nilai akademik
Anak-anak yang masih berusia antara 10 dan 16 tahun yang memiliki gangguan pernapasan saat tidur, termasuk mendengkur, apnea tidur, dan jenis penyakit pernapasan lainnya, lebih cenderung memiliki masalah tidak fokus saat belajar. Hal ini bisa mengakibatkan kerusakan fungsional yang signifikan dalam nilai akademik otak mereka.

5. Mempertajam fokus
Kurangnya tidur dapat menyebabkan gejala mirip ADHD pada anak-anak. Anak-anak memiliki reaksi yang tidak sama dengan orang dewasa ketika mereka mengalami kurang tidur. Orang dewasa mungkin hanya akan mengantuk, tetapi anak-anak cenderung menjadi hiperaktif.

6. Kontrol berat badan
Para peneliti di University of Chicago menemukan bahwa kurang tidur dapat menurunkan berat badan. Tidur yang baik adalah dengan tidur lelap di malam hari karena itu akan membuat Anda kehilangan 56% lemak dari tubuh Anda. Penelitian ini  juga menunjukkan bahwa kurang tidur membuat seseorang merasa lebih mudah lapar saya pun mengalaminya.

7. Stres yang lebih rendah

Tidur dapat mengurangi stres, oleh karena itu tidur dapat membuat orang memiliki kontrol yang lebih baik untuk tekanan darah. Efek dari tidur juga berhubungan dengan kadar kolesterol yang memainkan peran penting dalam peningkatan risiko penyakit jantung.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Ini Cara Tidur Sehat Berkwalitas Menyehatkan"

Post a Comment