.

8 Manfaat Tidur Secara Teratur

8 Manfaat Tidur Secara Teratur
Jika kita tidur secara teratur kita akan mendapatkan 8 Manfaat Tidur Secara Teratur yang dapat menambah aura positif pada tubuh kita. Oke langsung saja kita kupas satu persatu apasih manfaat tidur secara teratur ;

1. Mata Indah Kandungan manfaat yang didapat ketika kita tidur adalah mata menjadi bersinar. Apalagi jika Anda adalah seorang pekerja yang sering berhadapan dengan komputer. Dengan tidur yang cukup akan mengatasi mata lelah. Tidak hanya itu, tidur yang rutin juga dapat menyamarkan lingkaran hitam di bawah mata Anda.

2. Mulus Setiap wanita pastinya ingin mendapatkan kulit yang lembut, bukan? Tapi bagaimana Anda bisa mendapatkannya jika sering bergadang? Mulai dari sekarang biasakanlah tidur diawal waktu, yaitu maksimal mulai tidur dari jam 10 malam. Dengan begitu, sel-sel kulit Anda dapat ber-regenerasi dan kulit pun dapat bernafas.

3. Mengontol Berat Badan Anda memiliki masalah dengan berat badan? Pastikan Anda dapat menghabiskan tidur setidaknya selama 6-8 jam. Bahkan, peneliti dari University of Chicago menemukan fakta bahwa orang yang melakukan diet dengan lebih banyak beristirahat akan lebih menurunkan lemak dibanding orang yang kurang istirahat.

4. Stress Hilang Manfaat lain dari tidur adalah dapat menurunkan kadar stres. Selain dapat mengganggu kesehatan, stres dapat menjadi malapetakan bagi kulit yang mengakibatkan kulit Anda keriput. Oleh karena itu, kunci untuk mengatasinya adalah dengan tidur yang cukup.

5. Cegah Jerawat Kita semua tahu, jerawat adalah salah satu penyakit kulit yang paling tidak kita inginkan. Sebelum hal itu terjadi, cegahlah dengan tidur tepat waktu. Tidur dapat membantu mencegah peradangan dan resistensi insulin yang menjadi penyebab utama timbulnya jerawat. Kulit yang bersih sama dengan istirahat yang baik.

6. Rambut Sehat Menurut informasi dari para ahli kesehatan ternama, WebMD, tidur yang cukup memiliki peran aktif dalam mempertahankan kesehatan rambut. Bahkan, salah satu penyebab kerontokan bisa disebabkan karena kurangnya tidur. So, sudah tahu kan kunci untuk rambut sehat dan bersinar?

7. Kulit Kenyal Selain kulit mulus, tentunya Anda pun akan melakukan berbagai macam cara untuk mempertahankan kulit agar selalu kenyal. Salah satu solusi yang paling mudah dan sederhana lagi-lagi adalah tidur. Karena saat tidur, kulit akan memproduksi hormon HGH (Human Growth Hormone) yang dapat membantu mempertahankan elastisitas kekenyalan kulit.

8. Kulit Kuat Manfaat tidur yang terakhir yaitu dapat membantu menguatkan kulit untuk melawan polusi dan radiasi bahan kimia. Kulit yang rentan terhadap stres atau kurang tidur akan lebih sensitif dan rentan terhadap iritasi.

Bagaimana Posisi Tidur yang Benar? Kebanyakan orang sering tidak memperhatikan posisi tidur mereka, mereka tidur seenaknya saja tergantung kebiasaannya, ada yang terlentang, menyamping, telungkup, bahkan ada yang tidak beraturan. Kalau posisi tidur kita salah, maka tidur kita bisa jadi sangat beresiko terkena cidera ataupun penyakit.

Misalnya tidur di kursi dengan posisi bersandar di samping pembatas kursi yang pembatas kursinya terlalu tinggi untuk dijadikan bantal, yang akibatnya leher kita akan sakit, dan peredaran darah yang menuju ke otak tidak lancar sehinga menjadi pusing. Untuk itu perhatikanlah posisi tidur yang benar agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Posisi tidur yang benar adalah posisi tidur yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW, diantaranya posisi badan menyamping ke kanan, punggung lurus, tungkai agak ditekuk sedikit, dan tangan kanan sebagai sandaran kepala. Posisi tidur seperti ini banyak sekali manfaatnya menurut medis.
Diantaranya sebagai berikut:

1. Mengistirahatkan otak sebelah kiri. Secara anatomis, otak manusia terbagi menjadi dua bagian kanan dan kiri. Bagian kanan adalah otak yang mempersarafi organ tubuh sebelah kiri dan sebaliknya. Umumnya kita menggunakan organ tubuh bagian kanan sebagai anggota tubuh yang dominan dalam beraktifitas seperti makan, memegang dan lainnya. Dengan tidur pada posisi sebelah kanan, maka otak bagian kiri yang mempersarafi segala aktifitas organ tubuh bagian kanan akan terhindar dari bahaya yang timbul akibat sirkulasi yang melambat saat tidur/diam. Bahaya tersebut meliputi pengendapan bekuan darah, lemak, asam sisa oksidasi, dan peningkatan kecepatan atherosclerosis atau penyempitan pembuluh darah. Sehingga jika seseorang beresiko terkena stroke, maka yang beresiko adalah otak bagian kanan, dengan akibat kelumpuhan pada sebelah kiri (bagian yang tidak dominan).

2. Mengurangi beban jantung. Posisi tidur kesebelah kanan yang rata, memungkinkan cairan tubuh (darah) terdistribusi merata dan terkonsentrasi di sebelah kanan (bawah). Hal ini akan menyebabkan beban aliran darah yang masuk dan keluar jantung lebih rendah. Dampak posisi ini adalah denyut jantung menjadi lebih lambat, tekanan darah juga akan menurun. Kondisi ini akan membantu kualitas tidur. Tidur miring ke kanan membuat jantung tidak tertimpa organ lainnya. Hal ini disebabkan karena posisi jantung yang lebih condong berada di sebelah kiri. Tidur bertumpu pada sisi kiri menyebabkan curah jantung yang berlebihan, karena darah yang masuk ke atrium juga banyak yang disebabkan karena paru-paru kanan berada di atas. Sedangkan paru-paru kanan mendapatkan pasokan darah yang lebih banyak dari paru-paru kiri. 

3. Istirahatkan lambung. Lambung manusia berbentuk seperti tabung berbentuk koma dengan ujung katup keluaran menuju usus menghadap kearah kanan bawah. Jika seorang tidur kesebelah kiri maka proses pengeluaran

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "8 Manfaat Tidur Secara Teratur"

Post a Comment