.

Serba-serbi Seputar Ngidam Ibu Hamil

Serba-serbi Seputar Ngidam Ibu Hamil Muda Belia
Serba-serbi Seputar Ngidam Ibu Hamil - Para pengantin baru, imumnya mereka berkeinginan lekas punya momongan. Atau biasa juga disebut dengan hamil. Dimasa ini, kebanyakan perempuan hamil pastilah mengalami yang namanya ngidam / nyidam ( orang jawa kuno bilang ). Meski terkadang ngidam itu sendiri aneh - aneh, tetapi para perempuan sangatlah ingin merasakan ngidam. Mulai dari minta dipetikan padi dari tangkainya, bahkan sampai perutnya minta dielus oleh orang tertentu, yang sulit ditemui.

Kepastian waktu ngidam yang itu sendiri, tidak tentu. Tak sedikit wanita hamil yang ngidam di tengah malam meminta sesuatu. Hal itu juga terkadang desebapkan oleh faktor keturunan. Untuk Anda yang saat ini sedang hamil atau dalam dalam masa ngidam maupun tidak, yuk kita kupas mengenai fenomena ngidam.

Kenapa wanita hamil itu harus ngidam?

Ngidam pada wanita hamil sebetulnya tidak wajib, cuman sebagian besar perempuan hamil mengalami ngidam. Hal ini sedikit mirip dengan nafsu makan ketika kita tidak benar-benar lapar, dan menginginkan sesuatu. Bila kita ngidam makanan, sebenarnya tubuh kita sedang membutuhkan zat-zat tertentu yang ada dalam makanan yang kita idamkan untuk memenuhi kebutuhan zat dan gizi tubuh kita. Misalnya ketika kita ngidam makan coklat manis. Bisa jadi tubuh kita sedang membutuhkan gula, jika kita ngidam serba asam mungkin kita kekurangan vitamin C, dll.

Lalu bagaimana kalau ngidamnya aneh-aneh? Seperti, Ingin perut dielus artis misalnya, he he itu kan cuman misal". Memang ngidam tidak melulu soal makan dan kebutuhan fisik, namun juga berhubungan dengan pesikologi. Mengingat pengaruh hormon yang mirip-mirip masa menstruasi.

Mengapa ngidam sering datang pada waktu yang tidak sepantasnya?
Mungkin anda semua sering mendengar kisah mengenai wanita yang ngidam di tengah malam dan menginginkan sesuatu. Ngidam memang seringkali terjadi di waktu yang tidak umum. Misalnya dini hari, ngidam sesuatu yang sedang tidak musim atau para pedagangnya sudah tidak berjualan lagi. Ngidam ini menunjukkan kebutuhan akan rasa nyaman dan seringkali untuk bisa memenuhi hal tersebut, sang suami memang harus memahami sindrom ini. Terkadang juga ada suami marah - marah ketika istrinya sedang ngidam. Hal ini tentu sangat berpengaruh kepada bayi, karena kondisi ibu ngidam yang tak tersampaikan.

Apakah ngidam harus selalu dipenuhi?
Pada beberapa kasus ngidam, beberapa wanita jadi rewel dan banyak sekali keinginan. Namun ada baiknya untuk membatasi ngidam ibu hamil, salah satunya karena faktor kesehatan. Jika ngidam Anda berhubungan dengan makanan, pastikan Anda mengonsumsi makanan seimbang dan tidak berlebihan. Dan pastikan senantiasa memerhatikan kondisi kesehatan ibu yang mengalami ngidam.

Bila ngidam yang bersifat non makanan, seperti ingin melakukan sesuatu yang aneh, selama masih tidak menyulitkan orang-orang di sisi Anda atau tidak membahayakan diri, mungkin tidak apa-apa jika dipenuhi. Namun menuruti segala keinginan yang menyulitkan juga kurang baik jika ada kemungkinan yang membayakan orang lain dan ibu hamil itu sendiri. Mungkin juga ibu hamil sedang hanya sedang membutuhkan perhatian dari orang terdekat.

Bagaimana mengalihkan perhatian saat ngidam?

Usahakan untuk mengajak ibu hamil sibuk melakukanlah kegiatan yang bermanfaat dan tidak membuat Anda bosan. Misalnya berjalan -jalan ke luar rumah, melakukan hobi, membaca buku atau majalah. Dan pastikan, anda sebagai ibu hamil tau, kapan kita membutuhkan waktu untuk beristirahat, dan kapan waktu untuk melakukan aktifitas tertentu.

Sekian artikel dari saya mengenai Ibu Hamil, apabila ada pertanyaan saya persilahkan untuk menuliskan komentar pada kotak komentar yang telah disediakan dibawah ini.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Serba-serbi Seputar Ngidam Ibu Hamil"

Post a Comment